Pembaruan terbaru dari keluarga pahlawan Ant-Man dalam MCU menandakan bahwa salah satu pendiri Avengers yang ikonik tidak akan pernah mendapatkan perhatian yang layak. Sementara pahlawan dan penjahat dapat hidup selamanya di halaman komik Marvel, komplikasi dari timeline MCU yang luas adalah bahwa para aktor tidak dapat tetap bersama franchise selamanya. Entah mereka kehilangan minat, ingin mengeksplorasi proyek lain, meninggal dunia, atau menghadapi perselisihan kontrak, menjaga karakter tetap ada tidak semudah menulis mereka ke dalam naskah.

Meskipun Scott, Hope, Hank, dan Janet adalah karakter favorit penggemar di MCU, masa depan mereka sebagai grup tidak jelas setelah film Ant-Man and the Wasp: Quantumania yang memecah belah dan mengecewakan secara kritik dan komersial. Namun, sedikit keraguan bahwa mereka akan muncul di suatu tempat, bahkan jika hanya di film-film tim. Namun, sekarang setelah aktris Hope van Dyne, Evangeline Lilly, mengumumkan pensiun dari dunia akting, tampaknya Wasp telah kehilangan kesempatannya untuk mendapatkan keadilan.

Pada tanggal 4 Juli, Evangeline Lilly mengumumkan melalui Instagram bahwa dia mundur dari dunia Hollywood untuk mengejar kebahagiaan di luar dugaan. Meskipun langkah ini tampak benar bagi Lilly yang jelas terlihat bahagia dan damai dengan keputusannya, ini berarti bahwa MCU tidak akan memiliki kesempatan untuk memberikan keadilan kepada Wasp setelah gagal memberikan perhatian yang layak. Lilly memang menyebutkan bahwa dia “mungkin akan kembali ke Hollywood suatu hari nanti,” tetapi secara keseluruhan, postingan tersebut menunjukkan bahwa jika itu terjadi, tidak akan dalam waktu dekat.

MCU Tidak Pernah Menghargai Asal Usul Wasp di MCU & Kini Mungkin Tidak Akan Pernah

Kisah Hope van Dyne di MCU dimulai dengan cukup baik. Sangat masuk akal bahwa dia muncul tanpa kapasitas pahlawan di Ant-Man agar film tersebut dapat fokus pada pahlawan tituler, dan dia memiliki beberapa adegan hebat serta peran penting di Ant-Man and the Wasp. Namun, dari sana, Hope dikesampingkan sementara Scott mendapatkan peran besar di MCU yang lebih luas. Setelah Scott melawan Falcon di Ant-Man and the Wasp, dia kemudian direkrut untuk bergabung dengan tim Captain America di Civil War dan jelas menjadi anggota tim yang sepenuhnya terintegrasi saat dia memainkan peran integral di Avengers: Infinity War dan Endgame.

Jadi, Ant-Man menjadi seorang Avenger, tetapi Wasp tidak. Ini adalah hal yang disayangkan mengingat kedua karakter adalah pendiri Avengers asli di halaman komik Marvel. Meskipun benar bahwa mereka adalah versi yang berbeda (Hank dan Janet), fakta bahwa Scott dan Hope adalah versi “utama” di MCU membuat penerimaan Scott ke dalam tim dan pengesampingan Hope sangat mengecewakan. Menambah luka adalah betapa sedikitnya peran penting yang diberikan kepada Hope di Quantumania. Selain itu, jeda akting yang lama berarti Wasp kemungkinan akan melewatkan sisa Multiverse Saga sepenuhnya.

Hope van Dyne sebagian besar merupakan kreasi asli untuk MCU. Hope Pym ada di komik Marvel sebagai seorang supervillain, tetapi Wasp versi Lilly adalah gabungan dari karakter Janet di komik dan elemen-elemen yang unik untuk film.

Bagaimana Wasp Masih Bisa Berkontribusi pada MCU Tanpa Evangeline Lilly

Masa depan tidak terlihat cerah untuk Hope, tetapi masih ada beberapa cara agar Wasp dapat tetap menjadi kehadiran penting di MCU. Yang pertama adalah Hope dapat tetap hidup dan sehat dalam cerita, mengelola Pym Technologies untuk terus berkontribusi pada kebaikan yang lebih besar melalui upaya kemanusiaan dan kemajuan teknologi yang menguntungkan umat manusia. Cukup mudah untuk menjelaskan ketidakhadirannya dengan perjalanan bisnis dan kewajiban lainnya, yang berarti dia tidak lagi punya waktu untuk memakai kostum dan melawan kejahatan. Ini mungkin sedikit canggung, tetapi menjaga relevansi karakternya sesuai dengan sifatnya.

Selain itu, apakah Hope tetap hidup di latar belakang atau terbunuh dengan cara yang sesuai secara naratif, Marvel Studios bisa melakukan apa yang telah mereka lakukan dengan beberapa pahlawan lainnya dan membiarkan orang lain mengambil alih perannya. Putri Scott, Cassie, secara mencolok mengenakan kostum di Quantumania, tetapi meskipun menggunakan beberapa nama pahlawan super yang berbeda di komik Marvel, dia tidak menggunakan satu pun dalam film. Alasan untuk ini tidak jelas, tetapi ini menghadirkan kesempatan sempurna baginya untuk menggunakan nama Wasp agar warisan tetap hidup.

Faktanya, membiarkan warisan Wasp hidup melalui Cassie bisa memberikan keadilan pada peran pembentukannya di Avengers dalam komik Marvel. Cassie disebutkan oleh Kamala sebagai seseorang yang ingin dia rekrut untuk inisiatif Young Avengers-nya, dan membiarkan pahlawan yang menggunakan kekuatan Pym untuk terlibat sejak awal bisa membiarkannya berkembang menjadi seorang pemimpin dan mentor. Terlepas dari itu, MCU akan menghadapi tantangan untuk benar-benar menebus pengesampingan Wasp dari franchise Ant-Man – tetapi semoga, nama itu bisa terus hidup dalam semangat.