Sebuah teori baru yang brilian untuk serial The Acolyte mengungkap bagaimana Penyihir Brendock benar-benar sesuai dengan sejarah dan warisan para Sith dalam Star Wars. Dalam episode 3 dari The Acolyte, diungkapkan bahwa kelompok ini memiliki kekuatan untuk menciptakan kehidupan, menghubungkannya dengan Darth Plagueis. Hal ini berkaitan dengan komentar Palpatine tentang gurunya dalam Revenge of the Sith, yang menyatakan bahwa Plagueis juga memiliki kekuatan untuk mempengaruhi Force dan menciptakan kehidupan.

Namun, podcast Star Wars Beyond the Dune Sea mengusulkan bahwa para Penyihir belajar kekuatan ini dari Plagueis sendiri, bukan dari Mother Aniseya dan kelompoknya. Teori ini menjelaskan beberapa hal tentang kelompok ini dan kepercayaan mereka pada “The Thread”, sambil juga memberikan cara untuk mengintegrasikan Sith yang sudah dikenal dan sejarah dari kanon ke dalam cerita baru yang diceritakan dalam The Acolyte. Berikut alasan mengapa ide bahwa Darth Plagueis mengajarkan Penyihir Brendock cara menciptakan kehidupan sangat menarik, serta mengapa ia mungkin melakukannya sejak awal.

Kekuatan Penyihir untuk Menciptakan Kehidupan Bertentangan dengan “The Thread”

Seperti yang diungkapkan dalam episode 3 dari The Acolyte, Mother Aniseya mengajarkan Osha dan Mae tentang keyakinan kelompok mereka pada “The Thread”. Mereka percaya bahwa semuanya terikat dan terkait bersama, sehingga tidak melihat energi galaksi sebagai “Force yang dapat dimanipulasi”, karena menarik satu benang terlalu keras dapat menyebabkan peristiwa yang sangat berubah dan mengubah segalanya. Oleh karena itu, pengungkapan bahwa Aniseya tampaknya menggunakan Force untuk menciptakan kehidupan dan menghasilkan Mae dan Osha tampaknya bertentangan dengan keyakinan kelompok ini.

Manipulasi Force untuk menciptakan kehidupan baru adalah tarikan besar pada “Thread”. Sehingga, orang akan berpikir bahwa Aniseya dan kelompoknya tidak akan pernah berpikir untuk menggunakan kekuatan ini sendiri. Namun, mungkin keadaan khusus mereka dan pengaruh seorang Sith Lord memotivasi Aniseya untuk melampaui tradisi mereka sebelum menggunakan kekuatan Force baru ini.

Teori: Penyihir Mempelajari Kekuatan Ini dari Darth Plagueis

Telah dikonfirmasi bahwa mereka belum melakukan upacara kenaikan sejak pengasingan mereka, tampaknya Mother Aniseya dan para penyihir lainnya hanya mencoba untuk bertahan hidup, “di ambang kepunahan”. Mae dan Osha dipandang sebagai hadiah ajaib yang akan membantu memperkuat kelompok mereka. Mungkin Darth Plagueis yang memanfaatkan keputusasaan kelompok ini dalam pengasingan, menawarkan untuk mengajarkan mereka kekuatannya dalam Force yang mungkin di luar praktik mereka yang biasa dengan “The Thread”.

Teorinya adalah bahwa kelompok ini belajar menciptakan kehidupan melalui Force dari Darth Plagueis, bukan sebaliknya. Manipulasi Force sampai tingkat tinggi ini lebih terlihat seperti kekuatan yang berasal dari Sith Lords, daripada kekuatan asli yang dikembangkan oleh penyihir ini sendiri mengingat kepercayaan mereka. Selain itu, mengingat kehancuran kelompok ini yang tampak pada akhir episode 3 dari The Acolyte, ide bahwa Plagueis memiliki sejarah rahasia dengan para penyihir sebelum peristiwa The Acolyte sangat masuk akal.

Mengapa Plagueis Membantu Penyihir Brendock

Ada beberapa alasan mengapa Darth Plagueis mungkin menawarkan untuk berbagi kekuatannya dengan Penyihir Brendock. Yang pertama adalah demi eksperimen murni. Mungkin Plagueis masih mempelajari kekuatan kuno ini dan mencari cara untuk menyempurnakan prosesnya. Kelompok ini mungkin menampilkan diri mereka kepada Plagueis sebagai kandidat utama untuk diuji, mengingat mereka berada dalam pengasingan dan ingin memperkuat barisan mereka.

Kemungkinan lain adalah bahwa Plagueis ingin menggunakan kelompok ini untuk menciptakan muridnya sendiri, menawarkan bantuan mereka sebagai cara untuk meningkatkan kekuatannya sendiri dalam sisi gelap. Bagaimanapun, Mae akhirnya akan dilatih oleh seorang master yang sangat mirip dengan Sith Lord (dan mungkin adalah versi kanonik dari Plagueis sendiri). Selain itu, kanon Star Wars telah menetapkan bahwa para Sith Lords selalu mencoba untuk menciptakan dyad yang kuat dalam Force, sebuah ikatan langka antara makhluk yang peka terhadap Force yang Osha dan Mae tampaknya miliki.