Inosuke Hashibira dari Demon Slayer: Kimetsu no Yaiba dikenal dengan kepribadiannya yang liar dan penampilannya yang unik. Hal ini tercermin dalam pedang Nichirin miliknya, yang memiliki gigi tajam seperti gergaji. Ini berbeda dengan pedang Nichirin lainnya yang biasanya memiliki bilah datar dan rata.

Pedang Nichirin adalah jenis katana fiktif yang diciptakan khusus untuk membasmi iblis. Terbuat dari Scarlet Crimson Iron Sand dan Scarlet Ore, pedang ini memiliki kemampuan menyerap sinar matahari yang mematikan bagi iblis. Warna pedang berubah sesuai dengan teknik pernapasan pengguna pertama kali. Pedang Inosuke berwarna abu-abu indigo, cocok dengan teknik Beast Breathing miliknya yang agresif.Dalam serial ini, terlihat bahwa Inosuke tidak menerima pedangnya dalam kondisi bergerigi. Ia sendiri yang membuat bilah pedangnya bergerigi menggunakan batu, yang memicu kemarahan Haganezuka, pembuat pedang tersebut. Tindakan ini menunjukkan sikap liar dan mandiri Inosuke, mempertegas karakternya yang tidak terikat oleh aturan konvensional.

Desain pedang bergerigi ini bukan hanya sekadar estetika. Gigi-gigi pada bilah pedang mencerminkan sifat agresif dan liar Inosuke, mirip dengan rahang hewan buas. Menurut Official Fanbook: Demon Slayer Corps Records, Inosuke memilih bilah yang tampak menakutkan karena menyerupai rahang hewan yang mengancam. Selain itu, pedang bergerigi ini juga lebih efektif dalam memberikan kerusakan, meskipun membutuhkan perawatan lebih.

Kecocokan dengan Kepribadian Inosuke

Penulis Demon Slayer, Koyoharu Gotouge, secara cermat menyesuaikan elemen visual karakter dengan identitas dan kepribadian mereka. Pedang bergerigi Inosuke melengkapi sifatnya yang berani dan temperamental. Hal ini juga terlihat dalam cara Inosuke tidak memakai seragam lengkap dan sering terlihat tanpa baju, memakai kepala babi hutan sebagai helm.

Inosuke Hashibira adalah karakter yang unik dalam Demon Slayer, dan pedang Nichirin miliknya yang bergerigi mencerminkan kepribadiannya yang liar dan tidak konvensional. Pilihan desain ini tidak hanya memperkuat citra karakter, tetapi juga memberikan keunggulan praktis dalam pertempuran melawan iblis.