Kemungkinan besar, Fantastic Beasts 4 & 5 tidak akan terjadi, tetapi ini sebenarnya merupakan langkah terbaik untuk masa depan Wizarding World. Ide awal mengubah sebuah buku teks kecil dari Harry Potter menjadi sebuah film, apalagi menjadi sebuah franchise besar, tampak seperti langkah yang kurang bijak. Meskipun demikian, film pertama, Fantastic Beasts and Where to Find Them, berhasil membuktikan bahwa asumsi tersebut salah. Film ini penuh dengan karakter baru yang menarik dan berhasil menangkap keajaiban dunia sihir.

Sayangnya, situasi semakin memburuk, baik di layar maupun di balik layar. Di layar, keputusan untuk menjadikan Johnny Depp sebagai Gellert Grindelwald sebagai penjahat utama membuatnya lebih terasa seperti prekuel Harry Potter, dan pesona Fantastic Beasts hilang karena alur cerita yang semakin rumit. Di balik layar, berbagai kontroversi yang melibatkan Depp, J.K. Rowling, dan Ezra Miller semakin membayangi film-film tersebut. Hingga Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore dirilis, minat untuk melanjutkan franchise ini sudah sangat berkurang. Maka dari itu, masuk akal jika Fantastic Beasts 4 tidak akan terjadi.

Kesalahan Menambah Film Fantastic Beasts untuk Masa Depan Harry Potter

Wizarding World Lebih Baik Tanpa Fantastic Beasts

Sutradara David Yates telah mengonfirmasi bahwa Fantastic Beasts 4 ditunda, yang kemungkinan besar berarti permanen. Secara objektif, franchise ini jelas tidak berfungsi, baik dari segi kritik maupun respon penonton. Hal ini terlihat dari performa box office dan berbagai metrik ulasan serta rating online. Berikut adalah ringkasan kinerjanya:

Film Box Office Global Rotten Tomatoes (Kritikus) Rotten Tomatoes (Penonton) Metacritic IMDb
Fantastic Beasts and Where To Find Them (2016) $816,037,575 74% 79% 66 7.2
Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (2018) $655,755,901 36% 54% 52 6.5
Fantastic Beasts: The Secrets Of Dumbledore (2022) $407,150,844 46% 83% 47 6.2

Film Fantastic Beasts Menahan Perkembangan Wizarding World

Brand Fantastic Beasts terbukti gagal dan menahan perkembangan Wizarding World. Fokus yang terlalu besar pada franchise ini menyebabkan tidak adanya film atau serial Harry Potter lainnya, meskipun ada banyak cerita potensial yang bisa dieksplorasi. Warner Bros kini mengambil langkah drastis dengan membuat ulang Harry Potter menjadi serial TV untuk Max. Ini mungkin membawa berbagai tantangan, tetapi juga memberikan harapan terbesar bagi masa depan Harry Potter dalam beberapa tahun terakhir.

Cerita Lain di Wizarding World yang Layak Diceritakan

Wizarding World memiliki banyak potensi yang belum dieksplorasi. Tidak hanya perlu membuat ulang Harry Potter, tetapi juga bisa mengeksplorasi cerita lain yang tidak terikat langsung dengan karakter yang sudah ada. Misalnya, berbagai sekolah sihir lain di seluruh dunia yang memiliki spesialisasi berbeda, bisa menjadi latar cerita baru yang menarik bagi generasi penggemar yang baru.

Akhir Cerita yang Sesuai untuk Fantastic Beasts

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore sebenarnya memberikan akhir yang cukup baik bagi karakter-karakter utama seperti Newt Scamander, Tina Goldstein, Queenie Goldstein, dan Jacob Kowalski. Cerita tentang Credence Barebone juga diselesaikan dengan cara yang lebih baik dari yang diharapkan. Hubungan antara Albus Dumbledore dan Grindelwald juga sudah dibahas dengan lebih mendalam.

Duel Dumbledore & Grindelwald yang Belum Terwujud

Namun, masih ada satu cerita besar yang belum terwujud: duel legendaris antara Dumbledore dan Grindelwald pada tahun 1945. Duel ini adalah salah satu pertarungan paling epik dalam sejarah sihir yang seharusnya ditampilkan di layar lebar. Sayangnya, dengan tidak adanya rencana untuk Fantastic Beasts 4 & 5, peluang untuk melihat duel ini semakin kecil.

Potensi Cerita Baru di Wizarding World

Meskipun demikian, masih ada banyak cerita menarik lainnya yang bisa diceritakan di Wizarding World. Misalnya, petualangan James Potter dan teman-temannya di Hogwarts, atau bahkan kisah cinta antara James dan Lily Potter. Mengambil pendekatan yang berbeda dari Fantastic Beasts, cerita-cerita ini bisa memberikan warna baru bagi dunia sihir yang sudah kita kenal.

Dengan demikian, meski Fantastic Beasts 4 & 5 mungkin tidak akan terwujud, ini membuka peluang bagi cerita-cerita baru yang lebih segar dan menarik di dunia sihir Harry Potter.